Kamis, 24 Juni 2010

Diumumkan, SDXC Class 10 Pertama Transcend


JAKARTA, KOMPAS.com – Para pengguna kartu memori yang mendambakan kapasitas kian besar pasti senang mengetahui kabar ini. Sebuah kartu SDXC Class 10 dengan kapasitas 64GB baru saja diumumkan oleh Transcend.
Omong-omong tahu kan apa itu SDXC? SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) adalah standar generasi mendatang dari kartu SD yang dibentuk oleh Secure Digital Association (SDA). Kapasitas kartu SDXC dimulai dari 32GB sampai 2TB. Saat ini kian banyak produk elektronik konsumer seperti kamera digital, camcorder, HDTV, Blu-ray player, ponsel dan GPS yang mendukung SDXC. Kamera digital Canon dan camcorder Sanyo adalah contoh pendukung SDXC.

Class 10 di sini merujuk pada kecepatan. Sebab kartu yang superlega pasti akan menjadi menjengkelkan bila kinerjanya lambat bukan? Nah, di kartu baru SDXC seri Ultimate-nya, Transcend menjanjikan laju transfer yang dapat mencapai 25MB/s.

Kecepatan itu disebut sebagai pas untuk mereka yang menggunakan kartu tersebut untuk merekam video HD dalam durasi panjang. Jadi saat merekam video Full HD 1920x1080, jeda tidak akan terasa.

Kecepatan 25MB/s juga cocok bagi pengguna kamera digital resolusi tinggi, termasuk DSLR. Mereka akan dapat membidik secara consecutive (urut tanpa henti) momen-momen yang melibatkan gerakan cepat, seperti adegan olahraga.

Kapasitas 64GB itu berarti kemampuan untuk menampung 26.208 image JPG (dengan asumsi resolusi 5 megapiksel), 352 jam video dengan format Standard (MPEG-4, 384Kbps) atau 640 menit video Full HD (1920x1080). O ya, kartu ini menggunakan sistem file exFAT, bukan FAT32 atau FAT. Sistem yang mendukung file dengan ukuran lebih dari 4GB inilah yang menyebabkan kapasitasnya bisa superlega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar